Kamis, 12 Maret 2015

Tutorial Membuat Sertifikat dengan MailMerge dari Mc. Excel

1. Buka Ms. Excel pada Dekstop Anda sebagai data master Anda untuk memudahkan dalam membuat data dengan banyak alamat, orang yang dituju namun dengan isi sertifikat yang sama.



2. Buat data master dengan format sesuai kebutuhan Anda. 



3. Lalu berikut gambar dibawah ini akan menjelaskan cara mempermudah memberi keterangan pada kolom  Predikat dan kolom Keterangan dengan menggunakan Formula > Logical > IF. Agar Anda dapat lebih efisien.






Jika sudah tarik kursor Anda ke bawah maka hasil dapat seperti ini. 

4. Lalu buka Ms. Publisher pada Desktop Anda untuk memulai membuat sertifikat. 


Lalu jika sudah membuka Ms. Publisher, maka Anda pilih Award Certificates


5.  Pilih model sertifikat sesuai keinginan Anda dan edit kolom pada sertifikat sesuai kebutuhan Anda. Maka akan tampil  seperti ini. Lalu untuk dapat mengirim sertifikat dalam jumlah penerima yang banyak, maka Anda dapat gunakan MailMerge pada kolom Mailings di Ms. Word. Dan berikut adalah cara untuk membuka MailMerge Anda berdasarkan data master Anda di Ms. Excel sebelumnya.


v klik Insert > Pilih Use Exciting List > buka file Ms. Excel Anda sebelumnya > maka akan tampil seperti kolom dibawah ini > klik sheet 1 > klik OK.


Dan akan tampil seperti ini. 




6. Lalu klik Insert Merge Field pada toolbar Mailings. Klik No#_sertifikat yang dituju > Nama > Nilai > Predikat, dll sesuai data master awal Anda. Jika sudah klik Priview Results > lalu klik arah panah ke kanan untuk melihat hasil MailMerge Anda. 



7. Dan hasilnya akan tampak seperti ini.




Selamat mencoba teman. Semoga tutorial dari saya bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar membuat sertifikat dengan mudah dan menyenangkan. :)
Goodluck Guyysssss ......... 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar